Blogger Widgets
Sholallahu ala muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala muhammad "INCOME 1 MILYAR PER BULAN" Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala muhammad Sholallahu ala muhammad

Friday, September 26, 2014

CARA MENGERINGKAN STEVIA

CARA MENGERINGKAN STEVIA


Cara Praktis Mengeringkan Stevia







Dalam tulisan terdahulu 7 Langkah Mengeringkan  Daun Stevia dengan cara mengeringkan hanya daun stevia sajaberikut ini cara lain yang lebih praktis dan tidak membutuhkan tempat yang luas untuk mengeringkan daun stevia yaitu dengan menggantung potongan dahan secara terbalik. Jadi kalau cara yang pertama adalah dengan melepaskan  daun-daun stevia dari tangkainya, cara yang sekarang adalah dengan  mengeringkan daun beserta batangnya – kemudian setelah kering daun dilepaskan dari batangnya.
Inilah tatacara pengeringannya:
1.   Potong bagian tanaman steviabaik batang utama ataupun cabangnya. Anda memiliki tiga pilihan ketika melakukan panen daunstevia Anda: mencabut seluruh tanaman sampai akarnyamemotongbatang  utama atau cabang tanaman. Cara mencabut seluruh tanaman dari tanah dilakukan jika Anda tidak ingin stevia tumbuh kembalikarena ingin menggantinya karena sudah tidak produktif lagi.Sedangkan memotong cabang utama akan menghasilkan cabangsekunder lebih banyak dan akan merubah bentuk  tanaman dan memungkinkan matahari menjangkau ke seluruh bagian tanaman.
2.   Stevia yang  dicabut seluruh tanamannya dipotong terlebih dahulu bagian akarnya, kemudian bersama potongan cabang yang lain dicuci dengan air mengalir sampai bersih.
3.   Potongan stevia ditata sehingga ujung-ujung  batang menyatu di bagian atas. Siapkan tali yang cukup panjang untuk mengikat kumpulan ujung batang iniIkat ujung batang yang disatukan ini secara erat dengan simpul mati tetapi jangan sampai merusak batang yang diikat dan buat satu ikatan lagi dibawahnya sebagai cadangan agar bila proses pengeringan terjadi dan batang mengecil – ikatannya tidak terlepas bila digantung.
4.   Gantung kumpulan  ikatan tangkai hijau stevia ini terbalik sampai kering.
5.   Untuk mendapatkan warna hijau daun kering terbaik letakkan dibawah sinar matahari secara penuh atau dengan sebagian pelindung untuk menjaga kelembaban.
6.   Harap diperhatikan: jika kondisi cuaca lembab di luar karena hujan atau mendung  - daun stevia dapat menjadi berjamur selama proses pengeringan.
7.   Setelah beberapa hari, daun Stevia Anda akan kering dengan warna yang masih hijauDaun stevia  sekarang siap untuk digunakan untuk teh, larutan atau ekstrak ataupun disimpan dan dapat digunakan kapanpun dibutuhkan.
Demikian  dua cara praktis untuk mengeringkan daun stevia Anda, selamat mencoba….


7 Langkah Mengeringkan Daun Stevia







Dengan menanam  tanaman Stevia di halaman rumah Andapemanenan daun Stevia dapat dilakukan setiap saat sepanjang tahun selama tanaman sehat dan terus tumbuh - jadi akan selau tersedia pemanis sehat alami sepanjang tahun. Dan ini jauhlebih murah untuk menanam danmengeringkan sendiri daun Stevia daripada membeli gula pasir yang relatif mahal dan kurang baik bagi kesehatan Anda.
Anda juga dapat membuat sendiri bubuk Stevia untuk mempermanisminuman dan menaburkannya pada buah atau makanan apapun yang Anda pilih. Apakah sulit menyiapkan bubuk daun stevia kering untuk persedian pemanis kita sepanjang tahun? Tidak !!!!  Di negara tropis seperti  diIndonesia, cukup mempergunakan berkah sinar matahari yang melimpah untuk mengeringkannya.
Inilah urutan proses pengeringan dan penyimpanan daun Stevia:
1.  Potong dahan stevia setinggi 10-15 cm dari tanah, kemudian petikdaunnya.  Jangan menggunakan daun Stevia yang telah terkontaminasi dengan bahan kimia seperti insektisida, pestisida ataup pupuk kimia.
2.   Cuci dan bilas daun Stevia bawah air yang mengalir sampai bersih.
3.   Keringkan daun stevia dengan handuk bersih atau tissue, atau cukup ditiriskan sampai hilang airnya.
4.   Letakkan daun tersebut di bawah terik matahari langsung.
5.   Biarkan daun Stevia menjadi kering tetapi warna tetap hijau, renyah dan hancur bila disentuh. Kira-kira dibutuhkan 2-3 hari untuk mengeringkan daun stevia. Jangan terlalu lama mengeringkannya karena daun berubah warna menjadi coklat –dan akan menjadi kurang menarik lagi penampilannya.
6.  Hancurkan daun stevia kering dengan menggunakan  penggiling kopi (coffee grinder), atau Anda juga dapat menghancurkannya denganmenggunakan bagian belakang sendok dengan meletakkan daun kering dalam mangkuk atau menghancurkan daun kering dengan mortir .
7.  Simpan bubuk daun Stevia dalam botol kaca bertutup di tempat yang sejuk dan kering.
Sekarang, kapanpun Anda butuh pemanis tinggal mengambilnya dari persediaan dan bila persediaan hampir habis Anda dengan mudah menyiapkan kembali bubuk daun stevia kering dengan cara-cara diatas.

No comments:

Post a Comment