Blogger Widgets
Sholallahu ala muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala muhammad "INCOME 1 MILYAR PER BULAN" Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala muhammad Sholallahu ala muhammad

Tuesday, December 31, 2013

Mandi Wajib / Zunub

Mandi Wajib / Zunub


Mandi wajib / zunub adalah seperti mandi pada umumnya, yaitu membasuh seluruh tubuh dengan air, namun dengan diawali niat. Selain itu ada penyebabnya dan tata cara / rukun melakukan mandi wajib / zunub yang akan dipaparkan berikut ini. 

Penyebab Kita Harus Mandi Wajib / Zunub Ada Enam:
  1. Bersetubuh, baik keluar air mani ataupun tidak, Rasulullah saw bersabda: "Apabila dua yang dikhitan bertemu, maka sesungguhnya telah diwajibkan mandi meskipun tidak keluar mani" (HR Muslim)

  2. Keluar mani, baik disengaja oleh perbuatan sendiri, maupun tidak disengaja seperti karena bermimpi dan sebagainya.
    Rasulullah saw bersabda: "Dari Ummi Salamah sesungguhnya Ummi Salamin telah bertanya) apabila ia melihat air (artinya keluar mani). kepada Rasulullah saw, Ya Rasulullah, sesungguhnya Allah tidak malu memperkatakan yang hak. Apakah perempuan wajib mandi apabila bermimpi? Jawab beliau, Ya (wajib atasnya mandi" (Sepakat Ahli Hadist).
    "Dari Khaulah, sesungguhnya Ia telah bertanya kepada Nabi Saw, mengenai perempuan yang bermimpi seperti laki laki yang bermimpi. Jawab Rasulullah, Ia tidak wajib mandi hingga keluar maninya, sebagaimana laki laki tidak wajib mandi apabila tidak keluar mani." (HR Ahmad dan Nasai).

  3. Mati, orang Islam yang mati, fardu kifayah atas muslimin yang hidup untuk memandikannya, kecuali orang yang mati sahid. Rasulullah Saw bersabda: "Dari Ibnu Abbas, sesungguhnya Rasulullah Saw telah berkata tentang orang yang berihram, yang terlempar dari punggung untanya hingga meninggal dunia. Rasulullah berkata, Mandikanlah dia olehmu dengan air dan daun sidr (sabun)." (HR Bukhari dan Muslim)
    "Rasulullah berkata tentang orang yang mati dalam peperangan Uhud, Janganlah Kamu mandikan mereka" (HR Ahmad).

  4. Haid, apabila seorang perempuan telah berhenti dari haid, ia wajib mandi, agar ia dapat shalat dan bercampur kembali dengan suaminya. Dengan mandi itu juga maka badannya akan menjadi segar dan sehat kembali. Sabda Rasulullah saw: "Beliau berkata kepada Fatimah Binti Hubaisy, Apabila datang haid itu hendaknya engkau tinggalkan shalat, dan apabila habis haid itu, hendaknya engkau mandi dan shalat." (HR Bukhari).

  5. Nifas, yang dinamakan nifas adalah darah yang keluar dari kemaluan perempuan sesudah melahirkan anak. Darah itu merupakan darah haid yang berkumpul, tidak keluar ketika perempuan tersebut mengandung.

  6. Melahirkan, baik anak yang dilahirkan itu hidup maupun keguguran. 
 
Fardu (Rukun) Mandi Wajib / Zunub:
  1. Membaca niat mandi zunub / wajib, "Bismillaahir rahmaanir raahiim, Nawaitul ghusla lirof'il hadatsil akba ri fardlon Lillahi Ta'aalaa".
  2. Membasuh seluruh tubuh dengan air.

No comments:

Post a Comment