5 Kunci Penting Membuat Logo Usaha yang Bagus dan Bombastis
Logo adalah wajah
dari perusahaan anda. Logo usaha merupakan hal pertama yang diperhatikan orang
dan paling sering dibayangkan oleh orang yang
mendiskusikan perusahaan anda. Logo usaha adalah gambaran awal tentang siapa
dan seperti apa bisnis yang anda bangun. Begitu pentingnya makna sebuah logo,
tentu dalam pembuatannya harus dikerjakan dengan cermat dan penuh banyak
pertimbangan. Ada lima kunci penting yang wajib anda perhatikan dalam mendesain
sebuah logo usaha yang bagus, menonjol, bombastic dan efektif. Kelima poin tersebut adalah:
1. Prinsip Kesederhanaan (Simplicity)Banyak orang berpendapat bahwa logo yang simple memiliki kekuatan yang dahsyat
dalam mempengaruhi otak manusia, dalam istilah kerennya disebut "The
Killer Logo". Logo perusahaan Apple (pencipta iPhone dan iPad) yang
awalnya berwarna-warni diubah menjadi konsep simplicity, yakni berwarna hitam
polos atau putih glossy.
Bagaimana caranya membuat logo yang simplicity?
Solusinya adalah dengan semakin banyak menghilangkan elemen-elemen pada logo
yang kurang penting. Contoh logo yang juga memenuhi unsur kesederhanaan ini adalah logo Coca-Cola.
2. Punya Kekuatan MemorabilityKunci penting berikutnya adalah membuat logo yang berkesan dan mudah diingat
orang. Coba bayangkan jika logo Apple di atas tanpa gigitan (bite apple),
mungkin akan terkesan biasa-biasa saja. Tapi dengan adanya sedikit gigitan,
membuat logo ini menjadi unik, berbeda dari gambar apel pada umumnya dan yang
penting memiliki daya memorability yang kuat.
3. Remarkability
Hal ke tiga yang membuat sebuah logo bisnis menjadi efektif adalah mempunyai
kekuatan "remarkability", yakni tampak luar biasa dan menarik
perhatian. Sebagai contohnya adalah logo mesin pencari di internet bernama
TalentBin. Mesin pencari ini khusus untuk menemukan orang-orang berbakat yang
ingin direkrut para perusahaan. Dalam logo promosinya, TalentBin menciptakan
sosok kartoon Tupai Ungu menunggangi seekor kuda Unicorn. Meskipun tampak
bod0h, namun logo tersebut punya daya tarik yang besar karena didukung oleh
makna yang terkandung di dalam logo tersebut. Tupai ungu tersebut menggambarkan
seorang pekerja keras (maksudnya para karyawan TalentBin) yang siap membantu
anda (perusahaan yang membutuhkan kandidat terbaik).
4. Memiliki Keterkaitan dengan Brand Usaha AndaSetiap perusahaan tentu memiliki visi, misi, dan pesan tersendiri sesuai
dengan brand dan motto yang mereka usung. Oleh karena itu, dalam
pembuatan logo, anda harus memikirkan hal ini. Misalnya kita ambil lagi
contoh tentang logo Apple. Saat logonya dipenuhi warna pelangi (rainbow
coloring), perusahaan Apple ingin memberikan kesan bahwa
produk-produknya adalah sesuatu yang ceria, penuh kebebasan, dan mudah
dibawa kemana-mana. Kemudian ketika mereka ingin mengubah image
perusahaan dan produknya yang terkesan "sleek and futuristic", maka
logonya diubah menjadi lebih simple.
5. Lakukan SurveyHal terakhir yang sebaiknya anda lakukan untuk membuat logo yang bagus dan
efektif adalah melakukan market research. Hal ini tentu akan menambah biaya dan
menyita waktu anda. Tetapi, dengan memiliki gambaran awal dari respon pasar
terhadap bagus tidaknya logo usaha anda, maka kemungkinan anda mengambil
keputusan yang keliru akan dapat diminimalisir.
(sumber: entrepreneur.com)