Memilih Warna Logo Usaha Menurut Feng Shui
Namun, menurut ilmu Feng Shui China, pemilihan warna untuk logo usaha
tidaklah dilakukan dengan sembarangan. Ada berbagai bahan pertimbangan
yang kelak membuat logo usaha menjadi simbol yang penuh energi sehingga
dapat memberi dampak positif bagi kemajuan usaha. Misalnya warna logo
perusahaan teknologi Apple yang dulunya adalah rainbow, kini diganti
dengan warna monochromatik (perak/hitam) yang cocok dengan jenis usaha
yang jalankan menurut sifat 5 unsur alam. Bagaimanakah memilih warna
untuk pencitraan logo
usaha anda menurut ilmu Feng Shui? Berikut uraian singkatnya!!!Pertama
yang anda lakukan dalam memilih warna untuk logo anda adalah menentukan
atau mengetahui jenis elemen dari usaha/bisnis yang anda kerjakan.
Menurut Feng Shui, ada lima element yang menyusun kehidupan ini, yaitu
Api, Tanah, Logam, Air, dan Kayu. Masing-masing element/umsur alam
tersebut dilambangkan dengan bentuk-bentuk tertentu. Element api
dilambangkan dengan bentuk segitiga dimana sifat atau karakternya penuh
energi dan gairah, tanah berlambang persegi dengan karakter lunak, logam
lambangnya lingkaran dengan karakter keras dan kaku, kayu disimbolkan
dengan persegi panjang yang berkarakter kreatif, dan element air
simbolnya garis gelombang (wavy) yang cenderung bersifat lembut.
Berdasarkan
sifat dari masing-masing elemen tersebut, dapat dibuat kelompok bidang
bisnis yang mendekati karakter setiap elemen. Misalnya contoh berikut
dikutip dari situs about.com:
- Elemen Api : creative studio, usaha restaurant, usaha dagang, bisnis olahraga, dan sebagainya.
- Elemen Tanah : usaha konstruksi, bisnis penginapan, bisnis developer
perumahan/real estate, usaha bidang pertanian, dan sejenisnya.
- Elemen Logam : bisnis perbankan, finansial, pemerintahan, industri bidang teknologi, arsitek, perancang, dan sebagainya.
- Elemen Air : usaha jasa cleaning services, industri kecantikan, bisnis agen, kesehatan, dan sejenisnya.
- Elemen Kayu : jasa keperawatan, bisnis pendidikan, bisnis floral, usaha
garmen atau fashion, percetakan, bisnis traveling, dan sejenisnya.
Setelah
Anda mengetahui atau memperkirakan elemen yang menjadi dasar atau unsur
utama pada jenis usaha anda, maka langkah kedua adalah memilih warna
dasar logo sesuai dengan elemen bisnis anda. Unsur kayu diwakili oleh
warna hijau dan cokelat, unsur api pilihan warnanya merah, kuning pekat,
pink, ungu, dan orange. Warna yang sesuai dengan unsur tanah adalah
kuning terang, warna pasir, dan cokelat terang. Unsur logam warnanya
putih dan abu-abu atau perak. Sedangkan warna untuk unsur air adalah
biru dan hitam.Langkah ketiga adalah langkah opsional (tidak
terlalu wajib). Setelah anda selesai menentukan warna pokok pada logo
usaha anda, maka tahap selanjutnya adalah memilih warna sekunder atau
warna penghias atau warna tambahan yang menjadi pemanis agar logo anda
tampak indah dan menarik. Untuk menentukan warna sekunder ini dapat
disesuaikan dengan unsur hari lahir anda berdasarkan perhitungan Feng Shui. Hal
ini disebabkan karena ada beberapa warna yang saling mendukung dan
saling bentrok bila saling dipadukan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan keputusan yang tepat sebaiknya
anda konsultasikan lebih lanjut dengan para ahli Feng Shui.
Membuat logo untuk simbol usaha memang gampang-gampang susah. Logo usaha dibuat untuk memvisualisasikan jenis bisnis yang dilakoni atau
juga untuk mencitrakan misi dan misi suatu usaha. Oleh karena itu, logo
bisa dibuat dengan konsep yang sederhana atau pun bentuk yang kompleks
dan menarik. Demikian juga dengan pemilihan warna dasar yang dipakai
pada logo usaha, tidak aturan baku yang mengharuskan anda untuk memakai
warna biru atau merah ataupun warna kombinasi lainnya. Semua keputusan
ada di tangan anda sebagai pemilik/pendiri usaha.