Blogger Widgets
Sholallahu ala muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala muhammad "INCOME 1 MILYAR PER BULAN" Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala muhammad Sholallahu ala muhammad

Tuesday, December 31, 2013

Shalat Idul Fitri

Shalat Idul Fitri


Bacaan Niat Shalat Idul Fitri – Shalat Idul Fitri atau sering disebut dengan Sholat Id merupakan termasuk dalam shalat sunnah muakkad yang artinya saat ini walaupun bersifat sunah namun sangat penting sehingga sangat dianjurkan untuk tidak meninggalkannya. Sholat Id merupakan sebutan untuk sholat hari raya dalam islam yaitu Shalat Idul Fitri dan Shalat Idul Adha. Niat salat ini sama sebagaimana juga shalat-shalat yang lain cukup diucapkan di dalam hati, yang terpenting adalah niat hanya semata karena Allah semata dengan hati yang ikhlas dan mengharapkan Ridho Nya.
Pengertian Shalat Idul Fitri adalah hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal pada penanggalan Hijriyah, Karena penentuan 1 Syawal yang berdasarkan peredaran bulan tersebut, maka Idul Fitri atau Hari Raya Puasa jatuh pada tanggal yang berbeda-beda setiap tahunnya apabila dilihat dari penanggalan Masehi. Cara menentukan 1 Syawal juga bervariasi, sehingga boleh jadi ada sebagian umat Islam yang merayakannya pada tanggal Masehi yang berbeda.
bacaan Shalat Idul Fitri
Niat Shalat Idul Fitri

Niat Shalat Idul Fitri :

اُصَلِّى سُنَّةً لِعِيْدِ الفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ اِمَامًا/مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى
Latinnya : Ushalli sunnatal li’iidil fitri rak’ataini (imamam/makmumam) lillahita’aalaa”
Artinya : Aku niat shalat sunnah ‘Idul Fitri dua rakaat menghadap qiblat menjadi ma’mum karena Allah ta’aalaa.

Bacaan Shalat Idul Fitri :

Pada sat shalat idul fitri rakaat pertama melakukan takbir 7 kali dan rakaat kedua takbir 5 kali kemudian membaca tasbih, bacaan tasbihnya adalah sebagai berikut
Latinnya : “Subhaanallaahi wal – hamdulillahi walaa – ilaaha illallaah wallaahu akbar”
Artinya : Maha suci Allah, dan segala puji bagi Allah; tiada Tuhan selain Allah dan Allah maha besar.

Waktu dan tata cara pelaksanaan :

Waktu salat hari raya adalah setelah terbit matahari sampai condongnya matahari. Syarat, rukun dan sunahnya sama seperti salat yang lainnya. Hanya ditambah beberapa sunah sebagai berikut :
  1. Berjamaah
  2. Takbir tujuh kali pada rakaat pertama, dan lima kali pada rakat kedua
  3. Mengangkat tangan setinggi bahu pada setiap takbir.
  4. Setelah takbir yang kedua sampai takbir yang terakhir membaca tasbih.
  5. Membaca surat Qaf dirakaat pertama dan surat Al Qomar di rakaat kedua. Atau surat A’la dirakat pertama dan surat Al Ghasiyah pada rakaat kedua.
  6. Imam menyaringkan bacaannya.
  7. Khutbah dua kali setelah salat sebagaimana khutbah jum’at
  8. Pada khutbah Idul Fitri memaparkan tentang zakat fitrah dan pada Idul Adha tentang hukum – hukum Qurban.
  9. Mandi, berhias, memakai pakaian sebaik-baiknya.
  10. Makan terlebih dahulu pada salat Idul Fitri pada Salat Idul Adha sebaliknya.

No comments:

Post a Comment