Blogger Widgets
Sholallahu ala muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala muhammad "INCOME 1 MILYAR PER BULAN" Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala Muhammad Sholallahu ala muhammad Sholallahu ala muhammad

Thursday, August 27, 2015

Si Ular Laut Pembangkit Listrik Tenaga Ombak

Si Ular Laut Pembangkit Listrik Tenaga Ombak



Potesi Ombak Sebagai Energi
Indonesia sebagai negara kepulauan dengan luas perairan hampir 60% dari luas wilayahnya, tentu memiliki garis pantai yang sangat panjang. Badan Informasi Geospasial (BIG) menyebutkan, total panjang garis pantai Indonesia adalah 99.093 kilometer, hampir 100 kali panjang Pulau Jawa!  Dengan garis pantai yang panjang tersebut, potensi energi ombak sangat besar. Energi yang dihasilkan ombak ini, jika dimanfaatkan tentu bisa menjadi sumber energi yang sangat besar.
Asosiasi Energi Laut Indonesia (ASELI) pada tahun 2011 telah mendata potensi energi listrik yang bisa dihasilkan ombak. Arus pasang surut memiliki potensi teoretis sebesar 160 Gigawatt (GW), potensi teknis 22,5 GW, dan potensi praktis 4,8 GW . Sungguh besar, bukan? Akan tetapi, di manakah potensi itu berada?
Berdasarkan survei yang dilakukan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Pemerintah Norwegia sejak tahun 1987, didapat jika banyak daerah-daerah pantai Indonesia yang berpotensi sebagai pembangkit listrik bertenaga ombak. Lokasinya tersebar di sepanjang Pantai Selatan Pulau Jawa, di atas Kepala Burung Irian Jaya, dan sebelah barat Pulau Sumatera yang sangat sesuai untuk menyuplai energi listrik.
  Peta daerah yang memiliki potensi pembangkit listrik tenaga ombak berdasarkan riset BPPT-Pemerintah Norwegia. Sumber: Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, dan Badan Geologi, Desom.
Peta daerah yang memiliki potensi pembangkit listrik tenaga ombak berdasarkan riset BPPT-Pemerintah Norwegia. Sumber: Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, dan Badan Geologi, Desom.
Nah, melihat potensi sedemikian besar ini, meski belum ada pembangkit tenaga ombak komersial di Indonesia, sebenarnya pemerintah tidak tinggal diam. Dasar undang–undang tentang energi telah tertuang dalam UU No. 30/2007 tentang Energi maupun UU No. 17/2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN). Berbagai model pembangkit listrik pun diujicobakan di Indonesia. Salah satunya, pemerintah bekerja sama dengan BPPT khususnya BPDP (Balai Pengkajian Dinamika Pantai) di daerah selatan Yogyakarta. Uji coba Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut ini menggunakan metode OWC (Oscillating Water Column).

Tantangan Ombak Sebagai Energi
Di balik potensi yang sedemikian besar, terdapat tantangan yang harus dihadapi. Negara kita, Indonesia, menjadi negara yang paling rawan terhadap bencana di dunia berdasar data yang dikeluarkan oleh Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Strategi Internasional Pengurangan Risiko Bencana (UN-ISDR), mengingat juga posisi Indonesia yang berada di daerah yang disebut cincin api (ring of fire). Dari peta yang sudah dibuat, diketahui bahwa potensi gempa di Indonesia bersinggungan dengan persebaran potensi ombak di Indonesia. Contohnya saat gempa di Bantul, Yogyakarta pada tahun 2006. Saat itu, uji coba pembangkit listrik yang ada di Yogyakarta sangat terganggu. Tetapi jangan berkecil hati kawan-kawan, adalah tugas kita, ilmuwan muda Indonesia untuk mencari solusinya.
Peta daerah dengan potensi gempa di Indonesia. Sumber gambar: Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Desom.
Peta daerah dengan potensi gempa di Indonesia. Sumber gambar: Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Desom.

Si Ular Laut
Salah satu model pembangkit yang sedang dikembangkan saat ini mirip seperti yang dicoba di Skotlandia, yaitu sebuah alat pengubah gerakan ombak menjadi energi listrik bernama Pelamis Wave Energy Converter. Pembangkit ini cukup unik karena mengadaptasi gerakan ular berenang di permukaan air. Seperti ular, gerakannya meliuk-liuk dari kanan-kiri dan atas-bawah. Pembangkit ini bekerja pada laut dengan kedalaman lebih dari 50 m dan berjarak 2-10 km dari pantai (tipe pembangkit offshore).
Pelamis, yang berbentuk seperti ular yang mengapung. Sumber gambar: http://www.pelamiswave.com/development-history
Pelamis, yang berbentuk seperti ular yang mengapung. Sumber gambar: http://www.pelamiswave.com/development-history
Dengan sistemnya yang mengapung mengikuti gerak ombak, setiap mesin alat ini diperkirakan dapat mengkonversi energi ombak menjadi listrik sebesar 750 kW dengan target efisiensi 25-40% tergantung pada pemilihan lokasi. Sementara itu, generasi kedua memiliki efisiensi hingga 70%. Daya sebesar ini diperkirakan mampu menghidupi sebanyak 500 rumah penduduk Skotlandia, dengan konsumsi listrik domestik rata-rata sebesar 4.148 kWh. Padahal, konsumsi energi listrik domestik Indonesia hanya 591 kWh. Dengan demikian, berdasarkan estimasi awal, penerapan di Indonesia bisa mencapai tujuh kali lipat daripada di Skotlandia, atau 3500 rumah. Wow!

Bagian-bagian Si Ular Laut
Pelamis yang sedang dikembangkan  saat ini adalah generasi kedua (P2), dengan adanya pengembangan desain yang cukup signifikan. Pada Pelamis terdapat 3 bagian utama, yaitu Power ModuleUniversal Joints, serta Machine connection & anchoring system
Berikut ini penjelasan setiap bagiannya:
a. Power Module
Ada empat power module, satu untuk tiap sendi. Power module ini bagian yang seperti tubuh ularnya dan berupa tabung-tabung warna oranye. Di tabung-tabung tersebut terdapat pembangkit listrik dan komponen pengkonversi energi.
Pelamis Power Module. Sumber gambar: http://www.pelamiswave.com/media-centre
Pelamis Power Module.
Sumber gambar: http://www.pelamiswave.com/media-centre
b. Universal Joints
Universal Joint adalah bagian yang memungkinkan si ular laut melenggok-lenggok, seperti sendi dalam tubuh manusia. Setiap sendi memiliki dua derajat kebebasan dengan 4 silinder hidrolis.
Universal Joints. Sumber gambar: http://www.pelamiswave.com/media-centre
Universal Joints.
Sumber gambar: http://www.pelamiswave.com/media-centre
c. Machine connection & anchoring system
Pembangkit ini memiliki jangkar untuk menahan diri agar tidak terbawa arus laut. Pada bagian ini juga terdapat sistem elektrik yang bertujuan untuk mendistribusikan listrik hasil konversi. Seperti dalam gambar di bawah, bagian ini juga berguna untuk mendistribusi listrik menggunakan kabel bawah laut untuk selanjutnya didistribusikan ke rumah penduduk.
Machine connection & anchoring system. Sumber gambar: http://www.pelamiswave.com/operations-maintenance
Machine connection & anchoring system.
Sumber gambar: http://www.pelamiswave.com/operations-maintenance


Cara Kerja si Ular Laut
Cara Pelamis untuk menghasilkan listrik adalah sebagai berikut: Pembangkit ini mengapung dengan beberapa bagian tubuhnya tenggelam dalam air laut, dan posisi Pelamis langsung berhadapan dengan arah ombak. Badan pelamis terdiri dari lima tabung (Power module ─ yang seperti badan ular) yang terhubung dengan universal joints(sendi-sendinya) yang memungkinkan pergerakan dua arah.
Ketika ombak mengarah ke badan Pelamis, ombak akan menyebabkan terjadinya pembengkokkan pada sendi-sendi Pelamis. Gerakan pembengkokkan tersebut dimanfaatkan dengan mengubahnya menjadi energi listrik dengan bantuan hidrolik yang memanjang dan memendek seiring dengan tarikan dan tekanan yang berasal dari gerakan naik-turun ombak. Listrik kemudian didistribusikan melalui kabel bawah tanah.
Skema pergerakan Pelamis. Sumber gambar: http://www.pelamiswave.com/pelamis-technology
Skema pergerakan Pelamis. Sumber gambar: http://www.pelamiswave.com/pelamis-technology
Ingin gambaran lebih lanjut? Berikut ini adalah visualisasi cara kerja Pelamis si ular laut:

Peluang Aplikasi si Ular Laut di Indonesia
1. Riset dari Pelamis Wave Power Ltd
Pelamis Wave Power Ltd. selaku penemu dan pengembang Pelamis telah memprediksi beberapa tempat di dunia yang dinilai cukup efektif untuk mengaplikasikan Pelamis Wave Converter. Salah satu tempat tersebut berada di lautan Indonesia.
Global Resource of Pelamis Wave Energy Converter. Sumber gambar: http://www.pelamiswave.com/the-market
Global Resource of Pelamis Wave Energy Converter.
Sumber gambar: http://www.pelamiswave.com/the-market
2. Mitigasi Bencana
Dengan sistem pembangkit yang mengapung, jika ada gelombang tinggi dan getaran akibat dari aktivitas tektonik maupun vulkanik, sistem ini memiliki probabilitas yang tinggi untuk tahan terhadap getaran tersebut. Oleh karenanya layak untuk dikembangkan di daerah rawan gempa seperti Indonesia.
3. Konsep Clean Energy
Pembangkit ini tidak memerlukan bahan bakar untuk pergerakannya. Semakin kuat dan tinggi ombak yang ada, semakin rendah “harga” energi yang dihasilkan dari sumber energi terbarukan ini.
4. Kebutuhan masyarakat di pantai
Berdasarkan dari hasil observasi, daerah pinggiran Pantai Selatan Yogyakarta masih merupakan daerah yang tertinggal dari daerah lainnya. Terlebih di Provinsi Yogyakarta sendiri belum terdapat pembangkit listrik sama sekali. Model Pelamis ini layak untuk dikembangkan di daerah tersebut sehingga potensi perekonomian masyarakat daerah pesisir bisa ditingkatkan.
Mengingat bahwa energi gelombang adalah sesuatu yang baru, namun memiliki keuntungan dari segi produksi dan pengembangan teknis sehingga sangat dibutuhkan dukungan dari pihak terkait terutama pemerintah, masyarakat, dan peneliti-peneliti muda Indonesia agar dapat bersaing dan menjadi produsen pembangkit energi alternatif. Bukan tidak mungkin kita kalahkan penemu konsep Pelamis itu sendiri sehingga kita tidak lagi bergantung pada teknologi dari luar negeri.

Sumber : http://majalah1000guru.net/ 

No comments:

Post a Comment